Senin, 16 November 2015

MANFAAT JAMBU METE


Tanaman buah jambu mete merupakan tumbuhan tahunan yang berbentuk pohon dengan tajuk berbentuk paying atau setengah bola hingga kerucut, dan daunnya selalu hijau. Tinggi tanaman dapat mencapai 15 m. tanaman ini mulai berbuah pada umur 2 tahun, dan produktif hingga umur 30 tahun. Buah jambu mete biasanya telah dapat di petik pada umur 60-70 hari sejak muncul bunga. Tanaman jambu mete dapat di panen pada umur 3-4 tahun.

Pada dasarnya, tanaman jambu mete memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap berbagai tipe iklim dan tanah. Namun, untuk dapat tumbuh baik dan produksi tinggi, tanaman ini ideal jika di tanam di dataran rendah  sekitar 700 meter di atas permukaan laut dengan suhu optimal berkisar antara 250C – 260C.

Buah jambu mete merupakan buah semu yang berdaging tebal dan mengandung banyak air. Buah ini mengandung gizi yang cukup tinggi dengan komposisi zat yang berbeda-beda. Berikut komposisi zat gizi buah jambu mete per 100 gram bahan :

Zat
Komposisi
Kalori
65      Kal
Protein
0,70     g
Lemak
0,60     g
Karbohidrat
15,80   g
Kalsium
4         mg
Zat Besi
0,50   mg
Fosfor
16       mg
Vitamin A
25        SI
Vitamin B1
0,02   mg
Vitamin C
197    mg
Air
82,60   g
( Sumber: Direktorat Gizi, Depkes RI, 1981 )

Perlu diketahui hampir semua bagian dari tanaman jambu mete ini dapat di gunakan untuk kebutuhan dan lingkungan kita, berikut table aneka kegunaannya:

Bagian Tanaman
Kegunaan
Batang (pohon)
Bahan bagunan, perabot, dan kayu bakar
Kulit batang
Obat kumur atau sariawan
Getah batang
Lem anti kutu buku
Daun muda
Lalapan dan obat luka pada bibir
Ekstrak daun muda
Obat penurun tekanan darah tinggi
Daun tua
Obat luka bakar
Buah semu
Obat tradisional pencuci perut
Dapat diolah menjadi berbagai jenis bahan makanan dan minuman, termasuk diantaranya cuka makan (vinegar)
Kulit buah
Obat menciutkan pembuluh darah
Air perasan kulit buah
Obat luar borok atau kutil
Biji buah
Bahan baku industry makanan
Kulit ari biji
Makanan ternak yang bergizi tinggi
Kulit gelondongan
Bahan baku industri cat dan vernis, kanvas rem, resin dan cat anti karat, mengandung cairan kulit biji yang di sebut cashew nut shell liquid (CNSL)

Jika kita bicara tentang Jambu Mete, maka hal pertama yang terpikirkan setiap orang  yaitu biji jambu mete. Biji Jambu mete biasanya digunakan bahan dasar makanan seperti coklat, dan berbagai macam kue. Selain sebagai bahan dasar makanan, ternyata biji jambu mete jika di makan memiliki khasiat lain karena kandungan  yang terdapat dalam biji jambu mete itu yang baik bagi kesehatan. Berikut ini kandungan Gizi serta manfaat dalam biji jambu mete serta  efek samping dari konsumsi biji jambu mete.



A.      Kandungan Gizi dan manfaatnya


1. Lemak Sehat

Dalam 1 ons kacang mete terdapat 20% AKG lemak dalam sehari. Bedanya kacang mete tidak mengandung kolesterol ,dan sebagian besar lemaknya merupakan lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi Jantung di samping itu terdapat kandungan Asam Lemak Omega-3 yang terdapat dalam kacang mete.

Dalam rangka penurunan kolesterol  kita bisa menambahkan pola makan kacang-kacangan ini yang dapat membantu mengurangi  kadar LDL sekitar 9-20 % ( ), demikian pernyataan menurut Harvard Medical Family Health Guide yang di kutip dari Livestrong, minggu (26/07/10).

Pengurangan kadar kolesterol total dan LDL dapat mencegah Atheroslerosis (penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak yang dapat mengakibatkan Stroke dan serangan jantung).

http://disehat.com/wp-content/uploads/2015/01/


2. arginine

Dalam kacang mete terkandung Asam Amino Nonesensial yaitu Arginine. Arginine diperkirakan mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan menjadikan dinding arteri lebih fleksibel dan tidak terlalu rentang terhadap penumpukkan plak yang dapat menyebabkan Atherosclerosis. 

      3. Vitamin dan Mineral

Dalam kacang mete terkandung juga mineral dan vitamin yang baik. 1 ons kacang mete mengandung 30% tembaga, 20% magnesium, 10% mangan dari jumlah yang dibutuhkan tubuh tiap harinya.

Perlu diketahui zat mineral Tembaga (Cu) tidak dapat di produksikan dalam tubuh melainkan mendapat asupan dari luar tubuh, misalnya dari makan yang kita makan atau minuman yang kita makan yang terkandung Zat tembaganya (Cu). Zat Tembaga sangat di perlukan tubuh, banyak manfaatnya bagi kesehatan kita. Bagi bayi yang baru lahir Zat Tembaga diperlukan untuk pembentukkan tulang-tulang dalam tubuhnya, membangun system Imunnya, serta membantu perkembangan otak bayi/balita. Sedangkan pada anak-anak dan orang dewasa Zat tembaga berfungsi dalam  pembentukkan Hemoglobin, pembentukkan sel darah merah dan sel darah putih, Zat Tembaga juga merupakan unsure penting dari melanin gelap alami dan pigmen yan menanamkan warna kulit, rambut dan mata oleh karena itu asupan Zat Tembaga dapat membantu dalam melingdungi rambut beruban. Jika kita kekurangan Zat Tembaga, maka metabolism tubuh kita akan menurun serta akan menggangu kesehatan kita. Jika kita kekurangan Zat Tembaga maka kita akan mengalami gangguan kesehatan seperti lesu, pucat, rambut rontok, pendarahan dibawah kulit, dermatitis, anoreksia dll.

Mineral magnesium diperkirakan merupakan salah satu Zat mineral anti penuaan yang paling pentingdan juga di kenal sebagai mineral anti-stres. Magnesium sangat penting dalam proses penyerapan Kalsium dan Vitamin C, serta membantu dalam metabolisme Fosfor, Natrium, dan Kalium. Magnesium mengubah gula darah menjadi energy dan memfasilitasi saraf yang efektif dan fungsi otot (transmisi impuls antara sel-sel saraf dan sel-sel otot), dan juga magnesium terlibat dalam proses pembentukan tulang dan gigi. Magnesium bersama Kalium dan Kalsium mengatur detak jantung, pembekuan darah dan membantu tubuh dalam memproduksi dan mengunakan insulin. Peran magnesium sebagai kofaktor dalam pemanfaatan Kalsium sangat penting, karena Magnesium membantu enzim yang memfasilitasi bagian Kalsium untuk melintasi membrane sel, jika tanpa Magnesium maka perlintasan itu akan gagal, maka kekurangan Magnesium itu sangat tidak baik. Kekurangan Mineral Magnesium dapat menyebabkan kita mengalami gangguan kesehatan seperti gemetaran atau kram otot karena rendahnya magnesium, otot-otot menjadi kekurangan magnesium dapat juga terjadi di otot jantung yang menyebabkan detak/ritme jantung jadi tidak beraturan, kekurangan magnesium dapat juga mengakibatnya sakit batu ginjal disebabkan magnesium yang dapat menghambat pengikatan kalsium dengan oksalat menurun maka pengikatan kalsium tersebut meningkat tanpa hambatan. Maka disaran kan agar kita jangan sampai kekurangan mineral ini.

Kacang mete juga mengandung 10% dari asupan Vitamin E yang di sarankan dalam konsumsi harian.

dari penjelasan ini maka tidak heran jika kita mendengar bahwa kacang mete dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, kanker dan beberapa penyakit lainnya. 



B. Efek Samping dari konsumsi kacang mete

Sebenarnya mengkonsumsi kacang mete tidaklah bahaya (kecuali yang punya alergi dengan kacang mete), tetapi akan jadi bahaya jika kita mengkonsumsinya dengan berlebihan serta proses pengolahannya yang tidak baik.

1. Sakit kepala

Kacang ini memiliki kandungan asam amino Tyamine dan Phenyethyamine yang menjaga kadar tekanan darah yang normal. Namun bagi yang sensitive dengan asam amino yang di hasilkan kacang mete ini maka dapat mengakibatkan rasa sakit kepala. Bagi yang sementara sakit kepala dan/atau mingran maka di sarankan agar tidak memakan atau tidak mengkonsumsinya dalam jumlah banyak karena asam amino yang di hasilkannya itu dapat meningkatkan sakit kelapa jika saat itu sedang sakit kelapa.

2. Peningkatan Tekanan Darah

Secara alami sebenarnya kacang mete rendah Sodium. Tapi pada produk olahan sering kacang metenya di sajikan dengan menambahkan jumlah Sodium yang bahkan kadang di batas normal penggomsumsian Sodium, seporsi bisa mengandung 181 miligram Sodium.
Menjaga asupan Garam di bawah 1500 miligram per hari penting untuk mencegah peningkatan tekanan darah.

3. Alergi

Pada sebagian anak, kacang mede dapat memicu alergi. Yang umum ditemukan pada konsumsi mede yaitu anaphylaxis, atau sesak pada saluran pernapasan.

Reaksi yang timbul bisa beragam dari yang paling ringan seperti bintik-bintik gatal, ruam di wajah, gatal pada mulut dan tenggorokan, mual, muntah, diare sampai yang berakibat fatal seperti bengkak pada wajah dan tenggorokan. Pada kondisi ini dibutuhkan perawatan segera.

4. Interaksi dengan Obat

Kacang mede memiliki kadar magnesium yang tinggi. 1 ons penyajian bisa mengandung 82,5 miligram. Terdapat sejumlah obat-obatan yang bisa terpengaruh oleh magnesium. Demikian menurut Maryland Medical Center, sebagaimana dikutipLivestrong, Rabu (18/12/13).

Obat-obatan tersebut meliputi antibiotik Quinolone seperti ciprofloxacin, yang dapat terikat dengan magnesium sehingga mencegah penyerapannya.

Magnesium juga bisa berpengaruh terhadap pengobatan atau perawatan lainnya seperti tekanan darah, diabetes, dan tiroid. Perhatikan informasi pada obat-obatan yang mencantumkan magnesium dalam peringatannya.

5. Kenaikkan Berat Badan

Penyajian 1 ons kacang mede (1/3 – ¼ cangkir) mengandung 163 kalori. Konsumsi melebihi satu porsi dapat memasok tubuh kita dengan terlalu banyak kalori, yang bila tak dikontrol dapat mengakibatkan kenaikan berat badan. 

6. Konstipasi

Meskipun tidak lazim mengingat kandungan serat pada kacang yang bermanfaat bagi pencernaan, terdapat kemungkinan pada orang-orang tertentu bahwa kandungan yang ada pada kacang mede menyebabkan konstipasi.



Seperti yang sudah di jelaskan di atas, Jambu Mete yang di manfaatkan tidak hanya  kacangnya saja melainkan dari daun, batang pun dapat dimanfaatkan. buah Jambu Mete yang jika mulai tua akan berwarna merah bagi sebagian orang tidak suka memakannya karena rasa pekat yang akan muncul selain rasa manisnya itu saat kita memakannya. karena pemikiran kita akan rasa pekat yang di hasilkan buahnya itu menjadikan beberapa dari  kita tidak memikirkan untuk mengolahnya. Buahnya yang sudah memerah atau kekuningan saat sudah tua  itu ternyata tidak hanya dijakan rujak saja tapi bisa dibuat menjadi beberapa macam jenis makanan yang enak. berikut ini akan saya jelaskan cara pembuatan Buah Jambu mete itu menjadi bahan makanan yang tidak kalah enak dan menarik. 

1. Selai Buah Jambu Mete



Sumber : 
1. http://www.teruskan.com/29810/manfaat-efek-samping-dan-cara-bijak-mengonsumsi-kacang-mede.html
2. http://tipsehatcantikalami.blogspot.co.id/2012/11/manfaat.fungsi.zat.tembaga.untuk.kesehatan.html
3. http://carasehat.net/zat-mineral-tembaga-manfaat-dosis-dan-efek-sampingnya-untuk-kesehatan/

2 komentar:

* Saya harap para pengunjung dapat memberikan komentar sebagai apresiasi, kritik, ataupun saran mengenai artikel ini

* Jika anda ingin memberikan komentar, saya sangat berharap agar komentar itu tidak mengandung pelecehan yag berbau SARA. Saya akan menghapus komentar seperti itu.

* Saya persilahkan pada para pembaca untuk menggunakan isi tulisan ini sesuai dengan kepentingan & kebutuhan anda.

* Jika anda ingin menggunakan isi tulisan ini, tolong cantumkan kredit lengkap tulisan ini pada tulisan-tulisan anda, dan saya harap anda tidak meng-copy-paste 100% isi tulisan ini.

* Silahkan membagi artikel ini pada orang lain.